Latihan IPS 7.B Pasar Selasa jam 6.7
PASAR MATERI KLS 7 B .Untuk Hari SELASA JAM 6.7 , 24 Maret 2020.Heli Handono
Pasar
Menurut Wujud
a. Pasar Kongkret
Pasar dimana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada, penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
Cirinya:
1.Transaski langsung,
2.Barang dapat dibawa saat itu juga,
yang diperjuabelikan ada.
Berilah contoh kegiatan pasar tersebut .............................................
............................................................
b. Pasar Abstrak
Pasar melalui interaksi media secara tidak langsung antara penjual dan pembeli.
Cirinya :
1.Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda
2.Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
3.Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya contoh saja
4.Transaski dilakukan dalam partai besar
5.Penyerahan barang ada tenggang waktu
Berikan contoh kegiatan pasar tersebut ...........................................
...........................................................
Jelaskan keuntungan adanya pasar abstrak bagi konsumen maupun produksen..........................................
2. Pasar Menurut Luas Jangkauan
1. Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota/daerah tempat produk itu dihasilkan.
Berilah contoh kegiatan pasar tersebut......................................
2. Pasar Nasional
Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah ...............................................
3. Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.
Berilah contoh kegiatan pasar tersebut.............................................
...........................................................
Agar dapat bersaing di tingkat internasional hal hal apa yang harus diperhatikan.......................................
4. Pasar Regional
Pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberpa negara kawasan tertentu seperti Asean adanya AFTA (ASEAN Free Trade Area)
Keuntungan yang bisa didapat produksen dengan adanya pasar tersebut ...............................................
3. Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan
1. Pasar Barang Komsumsi
Pasar barang komsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung dipakai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga
Jelaskan keuntungan bagi masyarakat dengan adanya padar ini
..............................................................
2. Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi.
Berilah contoh yang ada di Pekanbaru/ daerahmu..........................................
4. Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
1. Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
Berilah contoh yang ada di Pekanbaru/ daerahmu......................
Apa keuntungan masyarakat dengan adanya pasar tersebut.......................
2. Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu.
Adakah di daerahmu,apabila ada berilah contohnya.............................
3. Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
Manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dengan adanya pasar ini.........................................................
4. Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali. Berilah contohnya yang ada di Pekanbaru/ daerahmu .....
..............................................................
5. Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
Jelaskan apa yang melatarbelakangi pasar temporer...................................
Pasar
Menurut Wujud
a. Pasar Kongkret
Pasar dimana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada, penjual dan pembeli bertemu secara langsung.
Cirinya:
1.Transaski langsung,
2.Barang dapat dibawa saat itu juga,
yang diperjuabelikan ada.
Berilah contoh kegiatan pasar tersebut .............................................
............................................................
b. Pasar Abstrak
Pasar melalui interaksi media secara tidak langsung antara penjual dan pembeli.
Cirinya :
1.Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda
2.Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
3.Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, hanya contoh saja
4.Transaski dilakukan dalam partai besar
5.Penyerahan barang ada tenggang waktu
Berikan contoh kegiatan pasar tersebut ...........................................
...........................................................
Jelaskan keuntungan adanya pasar abstrak bagi konsumen maupun produksen..........................................
2. Pasar Menurut Luas Jangkauan
1. Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota/daerah tempat produk itu dihasilkan.
Berilah contoh kegiatan pasar tersebut......................................
2. Pasar Nasional
Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah ...............................................
3. Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.
Berilah contoh kegiatan pasar tersebut.............................................
...........................................................
Agar dapat bersaing di tingkat internasional hal hal apa yang harus diperhatikan.......................................
4. Pasar Regional
Pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberpa negara kawasan tertentu seperti Asean adanya AFTA (ASEAN Free Trade Area)
Keuntungan yang bisa didapat produksen dengan adanya pasar tersebut ...............................................
3. Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan
1. Pasar Barang Komsumsi
Pasar barang komsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung dipakai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga
Jelaskan keuntungan bagi masyarakat dengan adanya padar ini
..............................................................
2. Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi.
Berilah contoh yang ada di Pekanbaru/ daerahmu..........................................
4. Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
1. Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di kota-kota.
Berilah contoh yang ada di Pekanbaru/ daerahmu......................
Apa keuntungan masyarakat dengan adanya pasar tersebut.......................
2. Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu.
Adakah di daerahmu,apabila ada berilah contohnya.............................
3. Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
Manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dengan adanya pasar ini.........................................................
4. Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali. Berilah contohnya yang ada di Pekanbaru/ daerahmu .....
..............................................................
5. Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
Jelaskan apa yang melatarbelakangi pasar temporer...................................
Komentar
Posting Komentar