Latihan Ekonomi Persiapan Ujian sm 1
1. Arti kelangkaannaadalah
. . ..Keadaan dimana jumlah
sumber daya yang ada kurang atau tidak
cukup memenuhi kebutuhan manusia
2. Faktor yang menyebabkan kelangkaan .. ..Manusia tidak pernah puas sebagaian suber
daya alam yang ada tidak bisa diperbaharui, perkembangan zaman berdampakpada
peningkatan kebutuhan ,kondisi tanah jumlah terbatas sedangkan kebutuhan
meningkat
3. Usaha mengatasi
kelangkaan SDA . . . hidup hemat,
daur ulang,menciptakan sumber daya alternatif,reboisasi,tebang piih,budi
daya,memberikan pendidikan dan pelatihan
4. Kebutuhanberdasarkan urutanya Primer contohnya
makanan,minuman,pakaian ,kesehatan,pendidikan,sekunder contohnya jam
tangan,sepeda,meja kursi,tersier contohnya perhiasan emas,Villa
5. Kebutuhan berdasarkan waktunya sekarang . . ..contohnya obat saat sakit, istirahat
bagi orang sakit dan akan datang . . . .contohnya
menabung, pendidikan,asuransi
6. Kebutuhan berdasarkan sifatnya jasmani contohnya . . . .
makanan ,minuman,pakaian dan rohani contohnya hiburan,rasa
aman,pendidikan,ibadah
7. Kebutuhan berdasarkan subyeknya . . . .individu contoh . . . pakaian ,kaca mata dan sosial . . . .contohnya jembatan,rumah sakit,sekolah
8. Faktoryang menyebabkan kebutuhan manusia beraneka ragam . . . keadaan alam ,peradaban dan kebudayaan,
agama ,adat istidat,usia,jenis kelamin,pendidikan
9. Skala prioritas
kebutuhan adalah . . . . susunan tingkat kebutuhan dari yang terpenting
sampai yang kurang penting.Kebutuhan yang dianggap penting harus didahulukan
pemenuhannya
10. Macam – macam alat pemenuhan kebutuhan barang . . . . alat pemuas kebutuhan anusia yang
bis dilihat dan di raba, dan jasa . . . . alat pemuas kebutuhan manusia yang
berupa pelayanan dapat dirasakan
11. Macam – macam barang berdasarkan kelangkaannya . . . ,barang ekonomis barang yang dapat
memenuhi kebutuhan manusia tetapi
jumlahnya terbatas sehingga untuk emmperolehnya membutuhkan pengorbanan,biaya
contoh jam ,pakaian dll, Barang bebas Barang Bebas adalah barang yang tersedia dalam
jumlah melebihi kebutuhan manusia. Artinya barang tersebut tidak mempunyai
nilai ekonomis dan tidak perlu pengorbanan untuk mendapatkannya contoh Udara
12. Barang konsumsi . . . . yaitu barang yang dipakai secara
langsung atau tidak langsung oleh konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah
tangga yang bersifat sekali habis;
13. Barang produksi . .
..yaitu Barang produksi, yakni barang yang digunakan untuk proses produksi
lebih lanjut. Misal, kain yang akan digunakan untuk dijahit menjadi pakaian.
14. Pelaku ekonomi Rumah Tangga keluarga . . . . satuan unit terkecil dalam kehidupan
masyarakat .Faktor produksi adalah modal
dan tenaga kerja.
15. Rumah tanggg negara
dengan tujuan utama . . . .sebagai
pelaku ekonomi meningkatkan kesejahteraan dan sebagai pengatur ekonomi untuk
memperlancar roda pemerintah dan pembangunana perusahaan ,
16. Masyarakat lura negeri
juga memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kerja sama
dengan luar negeri dapat dilakukan dengan bentuk . . . . perdagangan ,pertukaran tenaga kerja,penanaman
modal,pinjaman ,pemberian bantuan
17. Tujuan BUMN
Tujuan didirikannya BUMN tak lepas dari : . . . .
o Memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian
nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya.
o Mengejar keuntungan.
o Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang
dan/ atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang
banyak.
o Menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat
dilaksanakan oleh swasta dan koperasi.
o Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada
pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat.
18. Contoh BUMN . . . . PT PLN,PT TELKOM,PT PAL,PT BNI,PT PERTAMINA,PT POS INDONESIA
19. Tujuan BUMS . . . . Tujuan
BUMS adalah mencari keuntungan seoptimal mungkin dalam mengembangkan usaha dan
modalnya serta membuka lapangan kerja.
20. Pengertian koperasi menurut UU n0 25 tahun 1992 koperasi
adalah badan usaha yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum koperasi yang melaksanakan kegiatyan
berdasarkan prinsip koperasi sekaligus
gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekluargaan .
21. Prinsip koperasi . .
. .keanggotaan bersifat suka rela,peneglolaannya diakukan secar demokratis,
pembagian hasil dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha
,pemberian balas jasa terbatas terhadap nodal,kemandirian
22. Fungsi pasar . . .
distribusi, pembentukan harga,promosi
23. Pengertian pasar . . . . Dalam bahasa sehari-hari, pasar
diartikan sebagai suatu tempat di mana para
penjual dan pembeli dapat bertemu untuk berjual beli
barang. Dalam ilmu ekonomi, pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan
transaksi jual beli dapatdilakukan secara elektronik seperti telepon,faksimil
dll
24. Syarat terjadinya pasar . . . .
a. ada calon penjual dan pembeli;
b. ada barang dan jasa yang akan diperjualbelikan;
c. terjadi hubungan antara penjual dan pembeli secara
langsung ataupun tidak
langsung.
25. Peranan pasar . . .
. memudahkan konsumen mendapatkan barang dan jasa, memudahkan untuk memperoleh
bahan baku,sumebr pendapatan negara melalui pajak dan iuran restribusi
26. Macam – macam pasar . . . .
o Berdasarkan luas distribusinya . . . . pasar setempat,pasar daerah,pasar nasional,pasar
internasional
o Berdasakan waktunya
. . . . pasar harian,pasar mingguan,pasar bulanan,pasar tahunan
o Berdasarkan jenis barangnya . . . .pasar konsumsi,pasar
produksi
o Berdasarkan wujudnya
. . . .pasar kongkrit ,pasar abstrak
o Berdasarkan strukturnya . . . . pasar persaingan sempurna,pasar
persaingan tidak sempurna
27. Contoh pasar persainagn sempurna . . . .pasar dimana
penjual dan pembeli seimbang dan barang yang diperjual belikan
beragam.contohnya . . . . pasar yag
menjual komoditas pertanian , seperti sayuran,beras,daging sapi.
28. Pasar persaingan tidakk sempurna . . . .pasar dimana jumlah
penjual lebih sedikit dari pada pembeli .contohnya . . . .pasar perusahaan
listrik negara,perusahaan air minum,PT KAI,Perusaaan rokok,perusahaan mobil
29. Pengertian pasar monopoli . . . . adalah pasar yang terjadi
apabila seluruh penawaranya terhadap
sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual tertentu dikuasai oleh
seorang penjual
Pada pasar monopoli
terdapat ciri – ciri sebagai berikut
a) Hanya ada satu penjual sebagai pengambil keputusan harga
(melakukan monopoli pasar).
b) Penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya.
c) Pedagang lain tidak dapat masuk karena ada hambatan
dengan
undang-undang atau karena teknik yang canggih.
d) Jenis barang yang diperjualbelikan hanya semacam.
e) Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan
harga
harga, contoh: PT Pertamina (persero), PT Perusahaan
Listrik
Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero)
30. Contoh pasar monopoli . . . .PT Pertamina, Perusahaan
Listrik Negar dan PT Kereta Api
31. Ciri pasar persainagn sempurna . . . . banyak penjual dan
pembeli, barang dan jasa yang diperjualbelikan homogen,penjual dan pembeli sama
– sama mengetahui keadaan pasar,penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar,harga
ditentukan oelh permintaandan penawaran
32. Ciri pasar persaingan tidak sempurna . . . .jumlah penjual
dan pembeli sedikit,barang dan jasa yang diperjual belukan heterogen,produsen
baru sanga sulit memasuki pasar,penegtahuan pembeli tentang pasar sangat
terbatas
33. Perbedaan pasar kongkrit dan abstrak . . . . pasar kongkrit
suatu tempat dimana penjual dan pembeli bertemu unytuk memperjual belikan
barang dan jasa, sedangkan pasar abstrak pasar dimana penjual dan pembeli tidak
bertemu secara langsung untuk melakukan
transaksi conoh pasar modal,pasar valuta asing dll
34. Jenis pasar kongkrit
. . . . pasar tradisional dan modern
35. Jenis pasar abstrak , . . . pasar modal,pasar valuta
asing,pasar tenaga kerja pasar komoditas,pasar uang.
36. Contoh pasar menurut
jenisnya . . . .pasar produksi,pasar konsumsi
37. Contoh pasar menurut jaringan . . . .
Pasar menurut jaringan atau luas jangkauannya
Pasar Daerah
Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah
produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan
penawaran dalam satu daerah.
Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk
dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal
melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.
Pasar Nasional
Pasar nasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk
dalam satu negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar
nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.
Pasar Internasional
Pasar Internasional adalah pasar yang membeli dan menjual
produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh
dunia.
38. Contoh pasar internasional . . . Pasar Internasional adalah
suatu pasar sebagai pertemuan antara pembeli dengan penjual di berbagi negara
contoh pasar internasional pasar karet di malaysia, pasar tembakau di Bremen,
dan pasar Kopi di Amerika.
39. Contoh pasar menurut waktunya . . . . pasar harian ,pasar mingguan, pasar
bulanan,pasar tahunan.
40. Contoh pasar abstrak . . . . Pasar dimana penjual dan
pembeli tidak bertemu secara langsung untuk melalukan transaksi jual beli
contoh pasar uang ,pasar modal,pasar valuta asing,pasar tenaga kerja dan pasar
komoditas
41. Pengertian pasar komoditi . . . . Pasar barang/komoditi atau dikenal dengan Bursa komoditi
adalah suatu pasar yang kegiatannya mempertemukan antara penjual dan pembeli
untuk melaksanakan transaksi jual atau beli barang/komoditi tertentu. Dalam
pasar komoditi, barang yang diperjual-belikan adalah barang/komoditi yang laku
dijual di pasar dunia/internasional, misalnya kopi, kedelai, kakao, gula,
jagung, tembakau, karet, CPO (crude palm oil), emas, perak, tembaga, dan
lainnya.
42. Pengertian pasar modal
. . . . yaitu pasar yang memperjualbelikan dana – dana jangka panjang dalam bentuk surat berharga , contohnya
obligasi,surat hutang jangkan panjang,surat penyertaan modal .
Komentar
Posting Komentar