Rangkuman Persiapan Ul 4 IPS KLS 8


1.      Pelaksanaan dan program tanam paksa banyak terjadi penyimpangan sehingga mengakibatkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Akibat penyimpangan tersebut, kaum humanis dan liberal menuntut tanam paksa dibubarkan.
2.      Tokoh-tokohnya adalah :
a.       l.vibalis
b.      Fransen van de putte
c.       Barn van hoevel
d.      dr. Douwes dekker
3.      Akibat positif tanam paksa bagi Indonesia :
a.       Indonesia mengenal berbagai macam tanaman
b.      Indonesia mengetahui daerah yang cocok untuk jenis tanaman tertentu
c.       Indonesia mengetahui cara merawat dan memanennya
d.      Indonesia mengetahui cara mengolah tanah
4.      Akibat negative tanam paksa :
a.       .rakyat Indonesia tetap miskin
b.      .banyak sawah/lading terlantar
c.       crakyat banyak mengalami kelaparan sehingga muncul berbagai macam penyakit
5.      Atas desakan kaum liberal dan humanis secara bertahap, cultuur stelsel dibubarkan dan secara resmi berakhir tahun 1870.
6.      Setelah culturr stelsel dibubarkan, maka pemerintah belada melaksanakan system usaha bebas sehingga para pemilik modal memiliki kebebasan dalam mengembangkan usahanya. Menteri jajahan de waal pada tahun 1870 mengajukan uu agrarian (agrarische wet) kepada pemerintah yang bertujuan untuk :
a.       a.melindungi para pengusaha asing
b.      b.melindungi status dan kepemilikan tanah para pribumi
7.      Setelah usaha bebas/swasta dibuka, maka banyak perkebunan dibuka kembali. Keuntungan dari usaha bebas/swasta dengan belanda :
a.       para pengusaha mendapatkan keuntungan besar
b.      hasil kekayaan indonesiamengalir ke eropa/Belanda
c.       Belanda mampu membangun industri baru
d.      Belanda mampu membangun bidang transportasi
e.       .Belanda mampu membangun pelabuhan baru
8.      Kerugian bangsa Indonesia :
a.       a.Indonesia tetap miskin
b.      b.Indonesia tetap menderita
c.       c.Indonesia tetap menjadi daerah eksploitasi Belanda
d.      d.kondisi ekonomi dan social bangsa Indonesia semakin buruk
e.       e.banyak tanah yang disewa oleh para pengusaha
9.      Politik etis (etika) edukasi , irigasi, transmigrasi
10.  Kaum liberal dan humanis (kaum progresif) pada tahun 1890 mengusulkan kepada parlemen Belanda untuk mengubah kebijakan politik di daerah jajahan karena bangsa belanda telah dapat banyak keuntungan.
11.  Canraad Theodore van deventeer, 1899, telah menulis di majalah de gids yang berjudul een eereschuld (utang budi) yang intinya belanda sudah selayaknya membalas budi pada bangsa Indonesia. Cara membalas dengan trilogy van deventeer, yaitu :
a.       edukasi/pendidikan
b.      irigasi/pengairan
c.       transmigrasi
12.   Pada kenyataannya trilogy van deventeer hanya menguntungkan pihak belanda karena :
a.       edukasi : untuk mencetak tenaga pendidik dan upah yang murah
b.      irigasi : untuk mengairi perkebunan dan tanah milik Belanda
c.       transmigrasi : untuk memenuhi tenaga kerja perkebunan milik belanda khususnya diluar jawa
13.   Khusus untuk pendidikan/edukasi membawa kemajuan karena menghasilkan kaum terpelajar/intelektual yang berusaha membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan.
14.  Tokoh intelektual tersebut adalah :
a.       dr. Cipto mangunkusumo
b.      dr. Wahidin sudirohusodo
c.       dr. Sutomo
15.  Kedatangan bangsa barat pada awalnya diterima bangsa Indonesia karena bangsa barat akan berdagang
16.  Praktek VOC Belanda maupun EIC Inggris telah menimbulkan penderitaan bagi rakyat Indonesia
17.  Perlawanan rakyat untuk mengusir penjajah tidak berhasil karena :
a.       bersifat kedaerahan
b.      ketergantungan terhadap satu pemimpin
c.       belum terkoordinir dengan baik
d.      persenjataan yang sangat kurang serta tradisional
e.       kondisi alam yang luas
18.  Sultan Baabullah telah berhasil mengusir Portugis dari Maluku( bersatunya ternate dan Tidore)
19.  Sultan Iskandar Muda dari Aceh melakukan perlawanan terhadap Portugis di Malaka
20.  Keunggilan likasi Indonesia telah menjadi daya tarik bangsa barat salah satu dampak kedatangan bangsa barat adalah penjajahan.Bangsa barat sangat membutuhkan rempah –rempah dan hal itu banyak terdapat di Indonesia
21.  Faktor Intern: yang melatarbelakangi munculnya nasionalime di Indonesia
o   Adanya penjajahan yang mengakibatkan penderitaan rakyat.
o   Adanya kenangan akan kejayaan masa lalu.
o   Munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin pergerakan nasional

22.  Faktor ekstern: yang melatarbelakangi munculnya nasionalime di Indonesia
o   Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 yang menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa-bangsa Barat.
o   Munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia seperti liberalisme, demokrasi, nasionalisme dan sosialisme yang mempercepat timbulnya nasionalime Indonesia.
o  Kebangkitan nasional di Asia dan Afrika, misalnya adanya All Indian National Congress 1885 dan Gandhisme di India dan adanya Gerakan Turki Muda di Turki.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Otonomi Daerah

Rangkuman IPS Kls 7 Potensi SDM dan Kemaritiman ,Dinamika Penduduk

Rangkuman Flora dan Fauna 2 Kl 7 sm1