Latihan IPS Kelas 8 sm 2
1. Dibawah
ini yang merupakan alasan Jepang membentuk BPUPKI adalah…( kekalahan Jepang
pada perang Pasifik,menarik simpati,agar rakyat percaya)
2. Sidang
pertama BPUPKI membicarakan …( dasar dan falsafah ),sidang kedua ; Undang
–Undang Dasar
3. Panitia
Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 telah berhasil merumuskan asas dan tujuan
dibentuknya Negara Indonesia merdeka .Pembukaan Undang-Undang dikenal dengan…
(Piagam
Jakarta)
4. Pada
tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI resmi dibubarkan. Alasan dibubarkan BPUPKI
adalah…
(Tugasnya sudah selesai)
Makna keberadaan PPKI bagi bangsa
Indonesia adalah…( Kemerdekaan Indonesia perlu proses dan dipersiapkan)
Kekalahan Jepang
atas Sekutu ditandai dengan…(
Dijatuhkannya bom atom di kota Hirosima dan Nagasaki, Jepang)
5. Perbedaan
pendapat antara golongn tua (sukarno, Hata) dengan golongan muda, menurut Sukarno dan Hata kemerdekaan Indonesia harus
dibicarakan dengan… (para anggota PPKI )
6.
Beberapa tokoh yang diasingkan ke
Rengasdengklok adalah….Sukarno dan Hata
a.
Alasan pemilihan Rengasdengklok sebagai
tempat pengasingan adalahRengasdengklok
adalah sebuah kota kecil yang terletak
sebelah Utara Karawang.
b. Pemilihan Rengasdengklok sebagai tempat pengamanan
Soekarno Hatta, didasarkan pada perhitungan militer. Antara anggota PETA Daidan
Purwakarta dan Daidan Jakarta terdapat hubungan erat sejak keduanya melakukan
latihan bersama.
c. Secara geografis, Rengasdengklok letaknya terpencil,
sehingga dapat dilakukan deteksi dengan mudah setiap gerakan tentara Jepang
yang menuju Rengasdengklok, baik dari arah Jakarta, Bandung, atau Jawa Tengah
7.
Sukarno dan Mohamad Hattta dipanggil
Dalat Vetnam dengan tujuan ….(
Pelantikan )
8.
Sidang I PPKI mengahasilkan
keputusan . . . .( Mengesahkan dan
menetapkan UUD, Memilih Ir.Sukarno sebagai presiden dan Drs.Moh.Hatta sebagai
Wakil Presiden )
9.
Contoh perbedaan
lembaga dengan pranata social . . . (
Gereja ,Agama Katolik),(Rumah sakit,Kesehatan dll)
10.
Tujuan utama para pemuda mengamankan
Bung Karno dan Bung Hata ke Rengasdengklok adalah
(Meminta kedua tokoh tersebut untuk
segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia)
11.
Yang merupakan alasan golongan muda
mendesak Ir Sukarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia adalah
(Karna saat itu facum of pawer, bila tidak segera di proklamasikan
kemerdekaan ini Belanda akan merebut kembali
Indonesia.)
12.
Golongan muda memperbolehkan Ir Sukarno
kembali ke Jakarta dikarenakan…
(Ahmad Subarjo memberikan jaminan nyawanya bila tgl
17 Agustus 1945 proklamasi )
13.
Alasan pembatalan tempat pembacaan
proklamasi kemerdekaan dilapangan Ikada dikarenakan…
(Masalah keamanan sehingga tidak memungkinkan
dilaksanakan di Lapangan Ikada)
14.
Alasan penyusunan teks proklamasi di Rumah
Laksamana Maeda adalah…( Karena Laksamana Maida menjamin keselamatan
Proklamasi)
15.
PPKI
dengan tugas utama . . . .( mempersiapkan
segala sesuatu yang berkenaan dengan
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia )
16.
16
Agustus 1945,
Pukul 04.30 telah terjadi penculikan Soekarno-Hatta oleh para pemuda dipimpin (Cudanco Subeno)
17.
Tempat yang digunakan untuk membacakan
teks proklamasi adalah di Rumah Ir sukarno yang beralamat ( Jalan Pegangsaan
Timur No.56 Jakarta )
18.
Tokoh pemuda yang mengusulkan agar teks
proklamasi ditandatangani oleh Sukarno-Hata adalah…( Sukarni)
19.
Bendera merah putih yang digunakan pada
saat kemerdekaan Indonesia dijahit oleh
( Ibu Fatmawati)
20.
Tokoh yang diberikan kepercayaan
mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah (Latif
Hendraningrat dan S. Suhud
21.
Penyebarluasan berita proklamasi
dilakukan melalui berbagai tempat dan media diantaranya…
a. Tempat
ibadah dan Kantor Berita Domei
22.
Untuk mengenang pertempuran lima hari di
Semarang didirikan….( Monumen Tugu Muda )
23.
Yang merupakan makna rapat Raksasa di Lapangan
Ikada adalah
a. Menunjukan
kewibawaan pemerintah RI kepada rakyatnya
b. Timbulnya
kepercayaan rakyat terhadap kemampuan dirinya
c. Mempertemukan
rakyat dengan pemerintah RI
24.
Lapangan Ikada saat ini berubah menjadi…komplek
Monas
25.
Alasan pemerintah RI pada saat itu tidak
mendirikan badan ketentaraan adalah…
(Menghindari permusuhan dengan sekutu)
26.
Bentuk dukungan Sultan Hamengku Buono ke
IX terhadap kemerdekaan RI adalah….
(Sultan mengeluarkan amanat Yogyakarta
merupakan daerah istimewa dan bagian dari RI
27.
Hubungan sosial yang membawa persatuan
dan meningkatkan solidaritas disebut…(Hubungan Sosial Asosiatif )
28.
Berikut yang merupakan contoh hubungan
sosial asosiatif adalah…( Gotong royong)
29.
Contoh hubungan sosial yang menimbulkan
perpecahan adalah …( konflik )
30.
Faktor-faktor yang mendorong hubungan
social yang bersumber dari luar masyarakat adalah…
( Lingkungan alam, peperangan, pengaruh kebudayaan
masyarakat lain )
31.
Prilaku penyimpangan dari
ketentuan-ketentuan atau norma yang ada disebut…( penyimpangan social )
32.
Faktor dari dalam diri seseorang yang
mempengaruhi terjadinya prilaku penyimpangan adalah…
( Kedudukan dalam rumah tangga)
32.
Bentuk nyata hubungan social yang
terjadi di masyarakat adalah…( Asosiatif )
33.
Persaingan berfungsi sebagai….( seleksi
)
34.
Percampuran antara budaya jawa dan sunda
disebut proses…( Asimilasi )
35.
Sistem norma yang mengatur segala
tindakan menusia dalam memenuhi kebutuhan. Kebutuhan pokok dalam hidup
bermasyarakat adalah…( Pranata ekonomi )
36.
Fungsi pranata sosial yang tampak, disadari,
dan menjadi harapan orang banyak merupakan fungsi….( manifest )
37.
Dalam pranata keluarga, masih digunakan
sistem pertunangan dan pembangian warisan dari dulu hingga sekarang hal ini
menunjukkan bahwa pranata sosial memiliki
ciri-ciri…
( Memiliki usia lebih lama)
38.
Contoh pranata yang ditolak oleh
masyarakat (Unsanctioned institution) adalah….(Kelompok penjahat,perampok )
39.
Salah satu pranata social yang memiliki
label atau identitas khas berupa simbol atau logo atau bendera lambing partai
adalah…( Pranata Politik)
40.
Fungsi keluarga sebagai pembentuk
kepribadian anak termasuk ke dalam fungsi….( Sosialisasi)
41.
Bagian terkecil dari masyarakat yang
terdiri dari ibu, ayah, anak disebut…( Keluarga Inti )
42.
Keluarga yang terdiri dari beberapa
keluarga inti yang dipimpin oleh satu kepala keluarga disebut…. (
Keluarga poligameus )
43.
Keluarga dapat memenuhu kebutuhan hidup
dalam perkembangan jasmani . Hal ini menunjukan keluarga memiliki fungsi…(
Ekonomi )
44.
Pranata yang merupakan pranata paling
tua adalah…( Pranata agama )
45.
Dibawah ini yang merupakan fungsi pranata agama adalah….
a. Sebagai
pedoman hidup bagi individu maupun kelompok
b. Mengatur
hubungan manusia dengan Tuhan atau manusia dengan manusia
c. Memberikan
prinsip baik dan benar sehingga manusia terhindar dari penyimpangan
46.
Manakah di bawah ini merupakan contoh
simbol dari dari pranata agama…( Membuat tanda salib bagi umat Katolik )
47.
Seperangkat pranata politik dan ekonomi
yang menempatkan pemilik tanah dan prajurit-prajurit untuk menjaga keamanan, penduduk,
dan petani penggarap tanah dan imbalannya menyerahkan sebagian hasil dari
pemilik tanah disebut…( Sistem fiodalisme ).
48.
Olahraga tinju merupakan olahraga yang
identik dengan laki-laki, namun kini, banyak perempuan yang menggeluti dan
berprestasi dalam olahraga ini, Hal ini menunjukan penyimpangan…( Positif).
49.
Sikap yang dilakukan terhadap pelaku
penyimpangan sosial adalah…( Memberikan
kegiatan positif).
50.
Memberikan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan,
budi pekerti dan kepribadian sehingga manusia mampu meraih tujuan hidup dengan
terencana dan tertata merupakan manfaat dari pranata…( Pendidikan )
51. Penyimpangan
social adalah (suatu perilaku yang diekspresikan oleh seseorang atau beebrapa
orang anggota masyarakat secara disadari
atau tidak disadari,tidak emnyesuaikan
diri dengan norma yang berlaku
dan telah diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat )
52.
Menurut jenisnya ada ketegori perilaku menyimpang yaitu …..( penyimpangan yang
pertama kali dilakukan oleh seseorang yang disebut enyimpangan primer dan
enyimpangan sekunder yaitu perilaku menyimpang yang merupakan pengulangan dari
penyimpangan sebelumnya.
53.Sebab
perilaku menyimpang adalah . . . .
a.
Sikap
mental yang tidak sehat
b.
Keluarga
yang broken home
c.
Pelampiasan
rasa kecewa
d.
Doronga
ekonomi
e.
Pengaruh
lingkungan
f.
dll
54.Sifat
penyimpangan social
a.
Penyimpangan
social positif ( petinju wanita,pembalap wanita dll)
b.
Penyimpangan
negative ( koroptor,pembunuhan dll)
55.Bentuk
penyimpangan social terdiri dari (
individu,kelompok, campuran )
56.Bentuk
penyimpangan social dalam keluaraga . . . .
a.
Penyalahgunaan
narkoba
b.
Miras
c.
Hubungan
seksual sebelum nikah
d.
Perjudian
e.
Penyimpangan
seksual
57.Bentukpenyimpangan
social dalam masyarakat . . .
a.
Tawuran
b.
Pekerja
sek komersial ( PSK)
c.
Kriminalitas
d.
korupsi
58.Akibat
penyimpangan social dalam keluarg maupun dalam masyarakat . . . .
a.
Mendorong
kriminalitas
b.
Berkembangnya prostitusi
c.
Meningkatkan
kemiskinan
d.
Menggaggu
keharmonisan keluarga
e.
Merusak
mental
f.
Mneingkatya
kasua HIV -AIDS
59.Pengertian
hubungan social . . . Hubungan
social memiliki pengertian yg lebih luas daripada interaksi social. Hubungan
social ialah hubungan yg terwujud antara individu dan individu, individu dan
kelompok, serta kelompok dan kelompok sebagai akibat dari
hasil interaksi antar sesama mereka.
60.Bentuk –
bentuk hubungan social . . . .
a.
Proses
asosiatif ( kerja sama, akomodatif,asimilasi,akulturasi)
b.
Proses
disosiatif ( Kontraversi /pertentangan,
kompetisi/persaingan,konflik/pertikaian)
61. Faktor
pendorong hubungan social . . . .
a.
Faktor
social
b.
Faktor
ekonomi
c.
Faktor
pendidikan
d.
Imitasi
e.
Sugesti
f.
simpati
62. Faktor pengahambat
terjadinya hubungan social . . ..
a.
Sosiologis
( pegusaha jarang bersatu dengan orang miskin dll)
b.
Antropologis
( perbedaan suku ,rasa dll)
c.
Psikologis
( orang yang bersedih akan sulit
menjalin hubungan social)
d.
Ekologis
( berkaitan factor lingkungan )
63. Dampak
hubungan social . . . .
a.
Mendorong
proses internalisasi
b.
Mempermudah
proses sosialisasi
c.
Memperudah
proses enkulturasi
d.
Terjadinya
difusi/penyebaran manusia
e.
Terjadi
akulturasi
f.
Terjadi
asimilasi
g.
Mendorog
inovasi
h.
Menciptakan
konflik
64.
Pranata social . . .( Pranata social ialah suatu system
norma yg bertujuan untuk mengatur tindakan-tindakan maupun kegiatan masyarakat
dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok dan bermasyarakat bagi manusia. )
65. Unsur
pranata . . . ( Kaidah/norma, Lembaga
social,alat penegak ketertiban )
66. Ciri - ciri pranata . . . .
a.
Setiap pranata social memiliki symbol tersendiri. Contoh; cincin kawin,
serta bendera dan lagu kebangsaan.
b. Usia pranata social lebih
panjang daripada orang-orang yang membentuk dan/ mengubahnya. Contohnya,
keluarga yg kamu miliki telah ada sejak dulu, sebelum kamu lahir. Adapun
orang-orang yg membentuk keluargamu, umumnya telah tiada.
c. Setiap pranata
memiliki adat istiadat, tata kelakuan, kebiasaan, nilai-nilai, dan unsure-unsur
kebudayaan sendiri yg tergabung dalam satu unit. Contohnya pranata pendidikan
memiliki nilai2 tersendiri bagi anggotanya seperti pendidikan bernilai penting
untuk memperluas wawasan.
d. Setiap pranata social memiliki perlengkapan
sendiri. Contohnya, pranata reakreasi, memiliki bangunan, dll
e.
Setiap pranata social memiliki satu atau beberapa tujuan. Contohnya,
pranata ekonomi mengatur harga barang-barang.
f.
Memiliki tradisi tertulis maupun tudak tertulis
67. Ciri pranata
kelluarga . . . .
a.
Keluarga
berbentuk lembaga yang berkaitan dengan hubungan perkawinan sangat dibentuk dan
dipelihara
b.
Terbentuk
melalui perkawinan
c.
Keluarga
memiliki sistem tata nama termasuk garis keturunan
d.
Keluarga
memiliki fungsi ekonomi yang dibentuk oleh anggotanya dan
68. Peran dan
Fungsi pranata keluarga . . . .
a.
Fungsi
repsoduksi, yaitu fungsi melanjutkan keturunan
b.
Fungsi protektif, yaitu fungsi melindungi anggota keluarga, terutama dari
ancaman bahaya sehinggasetiap anggota keluarga memperoleh ketentraman lahir dan
batin.
c.
Fungsi
ekonomi, yaitu fungsi memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan beberapa
kebutuhan material yg lain.
d.
Fungsi
sosialisasi, yaitu fungsi keluarga dalam memperkenalkan nilai dan normayg
berlaku di masyrakat.
e.
Fungsi
control, yaitu fungsi untuk mengawasi anggota keluarga agar tidak berperilaku
menyimpang.
f.
Fungsi
afeksi, yaitu fungsi pemberi rasa cinta dan kasih sayang antarmanusia
69. Ciri Pranata
agama . . . .
a. Kepercayaan
agama
b. Simbol agama
c.
Praktik
agama
d. Umat agama
e.
Pengalaman
agama
70. Fungsi
pranata agama . . . .
a.
Fungsi
pendidikan, masyarakat mempercayai pranata agama untuk mendidik anggota-anggotanya
menjadi manusia dewasa dalam mengarungi kehidupanya.
b.
Fungsi penyelamatan, agama membantu manusia untuk mengenal Tuhan Yang Maha Esa
dan berkomunikasi-Nya, serta mempersiapkan manusia untuk keselamatan hidup di
akhirat.
c.
Fungsi pengawasan social, agama ikut
bertanggung jawab atas adanya norma-norma kesusilaan yg berlaku dalam
masyarakat.
71. Fungsi
pranata ekonomi . . . .
a.
Memberikan
pedoman untuk mendapatkan bahan pangan.
b.
Memberi
pedoman untuk melakukan pertukaran/barter.
c.
Memberi
pedoman untuk menggunakan tenaga kerja.
72. Fungsi pranata ekonomi . . . .
a.
Memberikan
pedoman untuk mendapatkan bahan pangan.
b.
Memberi
pedoman untuk melakukan pertukaran/barter.
c.
Memberi
pedoman untuk menggunakan tenaga kerja.
73.Ruang lingkup
pendidikan . . . .
a.
Pendidikan
dalam keluarga (informal)
b.
Pendidikan
informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
c.
Pendidikan
di sekolah (formal)
d.
Pendidikan
formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri
atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
74.Peran dan
fungsi pendidikan . . .
Fungsi manifes (
dua fungsi utama )
a.
Membantu
seseorang untuk mencari nafkah
b. Menolong seseorang untuk mengembangkan
potensi demi kebutuhan pribadi dan pengembangan masyarakat
75.
Fungsi tersembunyi dari pendidikan atau
laten . . . .( Mengurangi pengawasan orang tua
kepada anak , Menyediakan
sarana pembangkangan terhadap nilai-nilai yang berlaku di masyarakat
mempertahankan sistem kelas social, Memperpanjang masa remaja,
76. Pengendalian sosial adalah suatu upaya yang
dilakukan oleh setiap lembaga untuk mencegah terjadinya penyimpangan sosial
serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan nilai
dan norma yang telah ditetapkan/di berlakukan.
77. Pengendalian
sosial berdasarkan sifat dibagi menjadi dua yaitu Preventif dan Represif
78. Preventif, merupakan suatu pengendalian sosial yang
dilakukan untuk mencegah kejadian yang belum terjadi. Atau merupakan suatu
usaha yang dilakukan sebelum terjadinya suatu pelanggaran
79. Represif, merupakan suatu pengendalian
sosial yang dilakukan setelah terjadinya suatu pelanggaran. Atau, merupakan
usaha-usaha yang dilakukan setelah pelanggaran terjadi pelanggaran
80. Pengendalian
sosial berdasarkan proses, dibagi menjadi dua. Yaitu, Persuasif dan Koersif
81. Persuasif, merupakan bentuk pengendalian sosial yang bersifat untuk membujuk atau mengarahkan masyarakat agar taat dan patuh terhadap nilai dan norma yang telah ditetapkan.
81. Persuasif, merupakan bentuk pengendalian sosial yang bersifat untuk membujuk atau mengarahkan masyarakat agar taat dan patuh terhadap nilai dan norma yang telah ditetapkan.
82. Koersif, merupakan bentuk pengendalian
sosial yang bersifat kekerasan,ancaman . Atau dalam arti lain, pengendalian
sosial ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara kekerasan
atau tindakan anarkis,ancaman .
83. Yang terlibat dalam pengendalian sosial bisa seorang
individu atau kelompok individu/manusia.
84. Bentuk-bentuk pengendalian
sosial antara lain: Desas-desus (Gosip), Teguran,hukuman,pendidikan ,agama
,kekerasan fisik, imtimidasi, Ostrasisme( dikucilkan ) fraudulens ( mengadukan
kepada orang lain)
85. Pengendalian sosial itu dapat dilakukan oleh: polisi
,pengadilan ,adat ,tokoh agama,tokoh masyarakat
Komentar
Posting Komentar